Yuk, Kenali Perbedaan Tempat Sampah Organik dan Non Organik

Tempat sampah menjadi benda yang wajib disediakan di tempat umum. Hal ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis tempat sampah yang paling banyak digunakan saat ini yaitu tempat sampah organik dan non organik. Apa sih perbedaan antara kedua jenis tempat sampah tersebut? penasaran, simak ulasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

 

Perbedaan Tempat Sampah Organik dan Non Organik

Perbedaan Fungsi

Sesuai dengan namanya, perbedaan mendasar dari kedua jenis tempat sampah ini terletak pada fungsinya. Di mana tempat sampah organik berfungsi untuk menampung sampah yang bersifat organik. Contohnya saja sayuran, daun-daunan, buah, makanan, dan lain sebagainya.

Sedangkan tempat sampah non organik berfungsi untuk menampung sampah yang bersifat non organik. Contohnya gelas plastik, plastik, kertas, dan benda lain yang bisa didaur ulang kembali di pabrik.

Mengapa kedua jenis sampah tersebut harus dipisah? Tujuannya agar mempermudah petugas dalam mendaur ulang sampah. Di mana sampah organik akan diolah menjadi kompos, sedangkan sampah non organik akan diproses menjadi bahan yang bisa dipakai kembali.

Perbedaan Warna

Lalu bagaimana cara membedakan tempat sampah organik dan non organik?! Selain melalui tulisan, agar lebih menarik pemerintah memberikan warna yang berbeda pada kedua jenis tempat sampah tersebut. Di mana untuk tempat sampah organik, warna yang digunakan adalah hijau.

Sedangkan untuk tempat sampah non organik, warna yang digunakan adalah kuning. Tidak asal-asalan, pemilihan warna tersebut tentu disesuaikan dengan jenis sampahnya. Di mana warna hijau melambangkan tentang bahan alami, sedangkan warna kuning untuk benda-benda yang bersifat buatan.

Perbedaan Letak

Lalu bagaimana jika ada beberapa orang yang tidak bisa membaca ataupun buta warna?! Tenang, pemerintah telah menyiasati kemungkinan hal ini terjadi. Sebagai jalan keluar, pemerintah telah menetapkan perbedaan letak dari kedua jenis tempat sampah ini.

Di mana tempat sampah organik terletak di bagian kiri, sedangkan untuk tempat sampah non organik terletak di sebelah kanan. Jadi, tanpa melihat tulisan ataupun warnanya, masyarakat tak perlu bingung untuk membedakan kedua jenis tempat sampah ini.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai beberapa perbedaan dari tempat sampah organik maupun non organik. Pemisahan kedua jenis sampah tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam proses daur ulang dari sampah organik maupun non organik.