Sabun Susu Kambing Batangan Lebih Baik dari Sabun Biasa?

Sekarang ini, banyak jenis sabun mandi yang bisa Anda jumpai di pasaran, mulai dari sabun batangan hingga sabun cair. Bukan hanya dari wujud, banyak pula bahan-bahan utama yang dimasukkan ke dalam sabun untuk memberikan manfaat yang lebih maksimal.

Salah satu bahan dasar yang baru-baru ini semakin banyak dijumpai pada sabun mandi adalah susu kambing. Sebagian orang mungkin lebih memilih sabun dari susu kambing namun masih banyak pula orang yang tetap memilih sabun mandi biasa. 

 

Perbandingan Sabun Susu Kambing Batangan dari Sabun Biasa

sabun susu

Sebagian besar dari kita pasti lebih familiar dengan sabun mandi biasa sehingga enggan untuk beralih ke jenis sabun lainnya karena sudah merasa nyaman. Selain itu, sabun mandi biasa juga dianggap lebih murah meriah dan memiliki banyak pilihan varian. 

Sayangnya, sabun pembersih tubuh komersil yang biasa kita gunakan sehari-hari merupakan produk detergen sintetik yang mengandung zat kimia sehingga menyebabkan pH tinggi. Apabila digunakan secara berlebihan, maka bisa merugikan kulit kita. 

Kebanyakan sabun mandi biasa mengandung detergen sehingga bisa menghasilkan lebih banyak busa agar lebih ampuh menghilangkan kotoran. Namun, detergen yang terkandung di dalam sabun mandi biasa bersifat alkali dan sering kali membuat kulit menjadi lebih kering. 

Berbeda dengan sabun susu kambing batangan yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti susu kambing, minyak zaitun dan minyak kelapa. Semua bahan baku tersebut nantinya akan dicampurkan dengan pelet natrium hidroksida atau lye. 

Penggunaan lye mungkin masih bersifat alkali tapi efeknya tidak sebesar sabun mandi komersil karena molekul minyak dan lye langsung menyatu. Gliserin dalam sabun dari susu kambing yang akan membuat kulit lebih lembab.

Selain itu, sabun mandi komersil juga mengandung berbagai zat pewarna dan pewangi tambahan sehingga dapat memicu reaksi alergi, khususnya pada kulit sensitif. Berbeda dengan sabun dari susu kambing yang menghindari bahan sintetis, pewangi atau pewarna.

 

Dengan melihat perbedaan sabun komersil dan sabun dari susu kambing, tentunya Anda sudah bisa mengetahui mana yang lebih baik. Sabun Lervia merupakan salah satu sabun yang terbuat dari bahan susu kambing sehingga bermanfaat baik untuk kulit.