Resep Daging Selat Solo untuk Hidangan di Rumah

Resep daging selat solo bisa ditemukan dengan mudah, khususnya bagi orang orang yang baru akan menyajikan hidangan daging selat solo ini. Makanan khas nusantara yang juga dipengaruhi oleh bangsa lain ini pertama kali dibuat di Solo. Yang juga sesuai namanya. Daging selat solo umumnya disajikan seperti steak atau biasa disebut sebagai bistik dari jawa.

Karena memang yang disajikan kurang lebih mirip dengan steak yang ada pada masa kini. Walaupun begitu tentu saja ada perbedaan yang menonjol dari daging selat solo dan juga steak. Dilihat dari cara pembuatannya yang berbeda, maka daging selat solo ini lebih ringan, dan masih bisa untuk hidangan rumahan! Supaya kamu juga tau resep daging selat solonya. Silahkan simak artikel kali ini!

 

Daging Selat Solo

daging selat solo

Seperti apa yang tadi sudah disebutkan, daging selat solo ini berasal dari Solo, Jawa Tengah yang pada pengolahannya sudah dipengaruhi oleh bangsa lain. Jadi pengolahannya juga tidak sama dengan makanan khas nusantara yang lainnya. Jika biasanya makan khas dibuat dengan sentuhan cara tradisional, daging selat solo ini tidak.

Sebenarnya nama yang sudah melekat adalah selat solo, namun bisa disebutkan daging selat solo ini karena bahan dasar pembuatan pada makanan ini adalah daging. Jadi ditambahkan di depannya, supaya orang orang yang masih belum mengenal makanan ini bisa tau kalau pengolahannya menggunakan daging yang digiling. Dan pada penggilingannya kamu bisa menggunakan mesin gilingan daging.

 

Resep Daging Selat Solo

resep daging selat solo

Sama halnya seperti steak, untuk memasak daging selat solo kamu juga bisa memberikan variasi penyajian. Jadi daging selat solo yang disajikan bisa berupa rolade, bola bola, atau juga yang lainnya. Karena daging selat solo ini juga cocok untuk dijadikan hidangan rumahan, maka disini saya akan membagikan resep daging selat solo yang biasa.

Bagi kamu yang ingin tau lebih lanjut mengenai pengolahannya berikut ini akan ditampilkan.

Bahan Bahan :

  • 300 gram daging sapi
  • 5 telur rebus
  • 3 tomat yang dipotong kecil
  • 1 biji pala yang dibelah 4
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 liter air
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu Halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Pelengkap :

  • Kentang rebus atau goreng
  • Daun selada
  • Tomat
  • Buncis rebus
  • Wortel rebus
  • Telur yang sudah dimasak dan dibelah 2

Cara Membuat :

  1. Cara yang pertama kamu bisa memotong daging sapi terlebih dahulu dengan tipis, melebar, dan melawan serat. Setelah itu daging tadi dipukul pukul supaya empuk.
  2. Selanjutnya tumislah bumbu sampai tercium bau wangi dan terlihat matang, setelah itu masukkanlah daging yang tadi sudah dipotong dengan kecap manis. Lalu dimasak sampai daging berubah warna. Jika sudah berubah warna masukkanlah air secukupnya dan diaduk.
  3. Jika sudah lanjutkan memasak dengan memasukkan telur, tomat, dan semua bahan yang masih tersisa. Setelah itu cek lah rasanya, jika ada kekurangan kamu bisa menambahkan bumbu sesuai dengan kekurangan yang ada. Namun jika sudah pas, lanjutkan memasak sampai daging empuk.
  4. Saat matang biasanya air atau kuah yang tadi ada jadi menyusut karena masuk kedalam daging. Jika kamu suka yang berkuah kamu bisa menambahkan air matang lagi pada masakannya, dan jika menambahkan pastikan juga kamu memberi garam dan juga gula. Supaya rasa bisa pas. Namun jika kamu tidak menambahkan air lagi, maka selat solo mu sudah jadi.
  5. Untuk penyajiannya, kamu bisa langsung mengambil selat solo yang sudah dibuat tadi dan langsung disajikan dengan kentang, daun selada, buncis wortel, dan juga telur pada bahan pelengkap untuk selanjutnya ditata supaya rapi dan cantik. Jika sudah maka selat solo pun siap dinikmati.

Pada pengolahan daging selat solo ini kamu bisa menambahkan suwiran daging, supaya rasa dari dagingnya akan lebih terasa. Yang untuk membuat suwirannya kamu bisa menggunakan bantuan mesin suwir daging. Jadi nanti suwiran daging yang terbuat bisa kamu taburkan di atas selat solo yang sudah dibuat.

 

Penutup

Resep daging selat solo dengan variasi lainnya bisa kamu cari dan dapatkan. Karena pada kesempatan kali ini saya hanya membagikan resep daging selat solo yang biasanya. Namun untuk kamu yang sudah sering memasak pasti tanpa resep juga bisa membuatnya. Karena umumnya pembuatan daging selat solo memang mudah mudah sulit.

Kesulitannya ada pada bahan yang dibutuhkan karena banyak, dan pada saat menambahkan bumbu bumbunya supaya rasa bisa tetap pas dan enak. Semoga bermanfaat ya!