Pengertian Kurikulum : Fungsi dan Manfaatnya

Kurikulum termasuk dalam suatu perangkat yang ada di pendidikan, kurikulum juga bisa menjadi jawaban dari berbagai kebutuhan serta tantangan yang ada dalam masyarakat. Maka dari itu kali ini saya akan mengulas mengenai apa kurikulum yang meliputi atas manfaat dan fungsinya, mari simak pembahasan berikut.

 

Pengertian Kurikulum

Pengertian dari kurikulum yaitu suatu perangkat mata pelajaran serta program dari pendidikan yang diberikan dari lembaga penyelenggara pendidikan yang isinya mengenai rancangan pelajaran yang akan diterapkan terhadap peserta didik dalam satu periode dalam jenjang pendidikan.

Kurikulum disiapkan guna kepentingan pendidikan, terlebih lagi dalam menyiapkan pelajar atau siswa supaya mereka bisa menghadapi hidup yang ada dalam masyarakat. Pada masyarakat diartikan, tak hanya menerapkan kemampuan maupun suatu skill saja namun siswa juga dapat menerapkan nilai hidup serta norma yang baik di lingkungan masyarakat.

Kurikulum sendiri tak hanya berisikan tentang suatu tujuan serta arah pendidikan saja akan tetapi kurikulum juga berisikan mengenai pengalaman belajar yang dimiliki oleh siswa serta bagaimana cara menerapkan pengalaman tersebut.

Fungsi Kurikulum

Pada dasarnya kurikulum berfungsi sebagai pedoman maupun acuan pada guru dalam memberikan pendidikan kepada para perseta didik atau muridnya.

Sehingga bagi guru kurikulum fungsinya yaitu sebagai pedoman untuk menjalankan proses pembelajaran yang ada di sekolah. Selanjutnya sekolah serta pengawas kurikulum memiliki fungsi sebagai pedoman untuk menjalankan pengawasan dalam pendidikan.

Manfaat Kurikulum

Manfaat dari kurikulum diantaranya yaitu:

  • Sebagai panduan maupun pedoman dalam merancang, serta melaksanakan guna melakukan evaluasi hasil dari kegiatan pembelajaran.
  • Untuk memberikan pemahaman terhadap guru dalam pelaksanaan tugasnya
  • Untuk mendorong sekolah guna mensukseskan program kurikulum pendidikan
  • Sebagai sarana dalam mencapai tujuan dari program pendidikan
  • Dapat digunakan sebagai acuan standar bagi orang tua supaya berpartisipasi dalam membimbing anaknya saat belajar
  • Dengan adanya kurikulum ini, masyarakat dapat ikut serta dalam rangka untuk mengembangkan program pendidikan yang mana dilakukan dengan cara memberi kritik serta saran yang membangun pendidikan.

 

Itulah penjelasan dari saya pengenai pengertian kurikulum, sekian dan terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/