Memanfaatkan Sampah Dapur untuk Membuat Pupuk Kompos Cair

Membuat pupuk kompos cair juga termasuk salah satu pemanfaatan sampah, dengan memanfaatkan sampah organik yang ada kamu dapat menghasilkan sebuah pupuk yang dapat menghidupi tanaman.

Berikut ini akan sama-sama kita bahas mengenai bagaimana cara membuat pupuk kompos cair yang berkualitas. Silahkan disimak!

 

Pupuk Kompos

pupuk kompos

Pupuk kompos atau yang lebih dikenal dengan pupuk organik ini berasal dari uraian sampah organik sejenis dedaunan, jerami, rumput, dan bahan organik lainnya. Pengomposan sendiri sebenarnya terjadi secara alami dan tidak menggunakan bahan kimia tambahan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka semakin banyak inovasi yang ada. Kini hadir pula mesin pencacah kompos yang dapat membantu pembuatan pupuk kompos lebih mudah dan tidak memakan waktu banyak.

 

Manfaat Pupuk Kompos Cair untuk Tanah

Dengan bahan baku sampah organik tentu pupuk kompos mempunyai banyak manfaat untuk tanah, terlebih lagi bahan bahan organik banyak mempunyai kandungan penting dan berkhasiat. Berikut merupakan manfaat dari pupuk kompos cair untuk tanah jika melihat dari berbagai aspek:

1. Aspek Fisik

Pupuk kompos cair mengandung genetik yang umumnya dapat memperbaiki fisik tanah. Dengan adanya koloid muatan listrik negatif yang dapat berkoagulasi dengan kation dan partikel tanah itu akan dapat membuat struktur dan tekstur tanah lebih baik.

Apabila struktur dan tekstur tanah yang dihasilkan baik maka pertumbuhan akar tanaman yang ada juga akan semakin baik. Karena hal tersebut akan saling berkaitan dan berpengaruh pada penyerapan nutrisi tanah untuk proses pertumbuhan tanaman. Selain itu pemberian pupuk kompos cair juga dapat mencegah erosi tanah.

2. Aspek Kimia

Pada aspek kimia ini, pupuk kompos cair mempunyai kemampuan untuk mengkonversi materi organik yang dapat mengembalikan nutrien pada tanah. Mengingat lagi mengenai kompos cair yang terbuat dari bahan organik ini sudah pasti mengandung unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk kompos cair juga mempunyai kemampuan untuk menetralkan pengaruh buruk dari beberapa mineral yang ada pada tanah. Dengan begitu maka tanaman tidak akan menyerap mineral beracun yang dapat mempengaruhi pertumbuhan serta hasil tanaman. Dengan penggunaan kompos juga memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan fotosintesis, karena kompos dapat membantu membebaskan karbondioksida.

3. Aspek Biologis

Pupuk kompos cair akan meningkatkan jumlah mikroba tanah yang dapat membentuk struktur tanah menjadi lebih baik. Pupuk kompos cair juga akan merangsang mikoriza yang bersimbiosis dengan akar, hal ini dapat berguna karena tanah dapat menjadi lebih subur.

4. Aspek Lain

Beberapa manfaat yang dapat dilihat dari aspek lain mengenai pupuk kompos cair adalah :

  • Menekan populasi parasite
  • Mendetoks pestisida
  • Meningkatkan hasil panen

 

Cara Membuat Pupuk Kompos Cair dengan Sampah Dapur

membuat pupuk kompos cair dari nasi

Setelah tadi kita membahas mengenai pupuk kompos serta manfaatnya, sekarang kita akan sama-sama membahas mengenai cara membuatnya. Untuk membuat pupuk kompos dengan skala yang besar kamu juga dapat membuatnya menggunakan mesin pencacah organik. Namun, berikut ini akan saya jelaskan mengenai cara membuat pupuk kompos cair dengan bahan nasi basi, mengingat nasi basi merupakan sampah dapur yang sangat sering dijumpai. Berikut ini caranya :

Bahan :

  • 1 kg nasi basi (pastikan nasi benar benar basi)
  • 1 liter air
  • 5 sendok makan gula pasir

Alat :

  • 2 botol air mineral yang berukuran 1,5 liter

Cara Membuat :

  1. Masukkan nasi basi kedalam botol air mineral
  2. Kemudian larutkan gula dan air di tempat yang terpisah dengan nasi.
  3. Jika sudah tuangkan air kedalam tempat nasi basi, dan usahakan untuk menyisakan sedikit ruang untuk udara dalam botol
  4. Selanjutnya tutup botol dengan rapat, lalu simpan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari selama 2 hari.
  5. Setelah 2 hari, kamu bisa membuka sedikit tutup botol supaya udara yang ada didalam dapat keluar. Pastikan semua udara yang ada benar benar keluar.
  6. Jika sudah kamu bisa menutupnya kembali dengan rapat, kemudian kocok botol sampai nasi dan air bercampur menjadi sebuah larutan. Lalu buka sedikit kembali tutup botol, dan simpan larutan sampai hari ke 7
  7. Pada hari ke 7, saring larutan dan simpan dalam botol yang  bersih dan pembuatan pupuk kompos cairpun telah selesai.

 

Penutup

Itu tadi sudah sama-sama kita bahas mengenai cara membuat pupuk kompos cair yang dapat kamu terapkan juga dirumah. Manfaatkan dengan baiklah sampah atau limbah yang ada di lingkungan sekitarmu, karena dengan begitu kamu dapat membantu bumi dalam proses penghijauan. Diluar itu kamu juga tidak perlu membuang sampah, yang akhirnya akan mencemari lingkungan.

Gunakanlah sampahmu menjadi hal yang berguna, semoga bermanfaat!!!