Manfaat Menggunakan Microgynon

Microgynon adalah obat kontrasepsi hormonal yang bekerja dengan cara mencegah ovulasi dan mengentalkan lendir serviks untuk mencegah sperma masuk ke dalam rahim. Ini paling sering digunakan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, atau jika mereka merasa sulit untuk menggunakan metode lain seperti diafragma atau IUD untuk kontrasepsi.

 

Manfaat Menggunakan Microgynon

Ini tidak mempengaruhi spontanitas dalam berhubungan seks karena Anda tidak perlu merencanakan ke depan seperti saat menggunakan kondom atau IUD, itu juga dapat membantu dengan periode berat dan gejala PMS, itu dapat mengurangi kram selama periode Anda, ia bekerja secara instan dan dapat diminum saat bepergian.

 

Kekurangan Menggunakan Microgynon

Itu lebih mahal daripada kondom pria atau kondom Wanita. Anda perlu menemui dokter setiap tiga bulan untuk pemeriksaan, jika Anda kelebihan berat badan, ada peningkatan risiko bahwa kontrasepsi ini tidak akan efektif. Itu dapat menyebabkan efek samping seperti mual, sakit kepala dan pendarahan vagina yang tidak normal.

Risiko Menggunakan Microgynon

Meskipun kemungkinan mengalami komplikasi serius kecil, masih ada kemungkinan Anda menderita kista ovarium atau penyakit radang panggul (PID) bagi mereka yang merokok atau pernah menderita PID di masa lalu, dan kanker payudara, kehamilan ektopik, atau stroke jika Anda berusia di atas 35 tahun.

 

Efektivitas Microgynon

Microgynon adalah salah satu metode yang paling efektif karena lebih dari 99% efektif dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Meskipun tingkat kegagalannya meningkat untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun, jika digunakan dengan benar, kemungkinan hamil kurang dari 1% jika Anda berusia antara 25 dan 35 tahun.

 

Kewaspadaan Saat Menggunakan Microgynon

Jika Anda memiliki penyakit hati, obat ini tidak akan bekerja secara efektif dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, jangan gunakan metode kontrasepsi ini jika Anda merokok karena risiko terkena kanker payudara atau stroke meningkat dengan penggunaan obat ini. Serta, jangan minum alkohol apa pun saat Anda menggunakan Microgynon karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan sakit kepala.

 

Efek Samping Menggunakan Microgynon

Beberapa efek samping yang paling umum termasuk perubahan perdarahan menstruasi, sakit kepala, penambahan berat badan, nyeri payudara, mual dan kram pada tungkai bawah.

 

Efek Jangka Panjang Menggunakan Microgynon

Menstruasi Anda akan menjadi lebih ringan dari waktu ke waktu dan mungkin menjadi tidak teratur dan Anda mungkin mengalami bercak diantara mens. Anda bisa merasa sedikit pusing atau nyeri payudara saat minum obat ini.

 

Cara Menggunakan Microgynon dengan Aman

Jika Anda ingin menggunakan metode kontrasepsi ini, minumlah dengan air dan lanjutkan meminumnya selama tiga hari setelah menstruasi Anda dimulai. Jangan minum obat ini jika Anda memiliki penyakit hati, sedang hamil atau berpikir bahwa Anda mungkin hamil karena tidak akan bekerja dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Jangan mengkonsumsi alkohol saat menggunakan Microgynon karena penggunaan akan meningkatkan kemungkinan pusing dan sakit kepala.

Alat kontrasepsi oral Microgynon bisa Anda dapatkan di apotek online maupun offline. Kisaran harga pil KB Microgynon sekitar 15.000 rupiah sampai 30.000 rupiah tergantung di daerah mana tempat Anda membelinya.