Lakukan Ini Jika Menjumpai Tempat Sampah 3 Warna

Ketika berada di tempat umum, pasti kamu pernah menjumpai tempat sampah yang berada di tepi jalan. Tempat sampah tersebut juga memiliki banyak bentuk dan warna. Salah satu jenis tempat sampah yang banyak dipakai di tempat umum adalah tempat sampah 3 warna.

 

Sesuai dengan namanya, tempat sampah ini memiliki 3 warna berbeda. Diantara warna yang ada, warna yang sering dipakai adalah merah, kuning, dan hijau. Penggunaan tempat sampah 3 warna memiliki banyak manfaat diantaranya mengurangi penumpukan sampah, memudahkan dalam proses daur ulang atau pengolahan sampah, serta menghindari adanya bakteri yang menumpuk. 

Pemilihan warna tersebut ternyata memiliki makna tersendiri, lho. Warna-warna berbeda tersebut digunakan untuk membedakan jenis sampah sehingga akan lebih mudah saat proses daur ulang. Berikut ini merupakan makna dari 3 warna berbeda tempat sampah:

  • Warna merah

Warna merah pada tempat sampah memiliki arti bahwa tempat tersebut digunakan untuk sampah non hijau dan kuning. Sampah warna merah juga dapat diartikan sebagai tempat untuk menaruh sampah jenis B3 atau sampah untuk bahan berbahaya dan beracun seperti sterofoam, beling, kaca, tali, barang pecah belah rusak, kemasan bekas, kresek, popok, pakaian tak layak pakai, dan benda lain sejenisnya.

  • Warna kuning

Warna kuning pada tempat sampah memiliki arti bahwa tempat tersebut digunakan untuk sampah anorganik atau sampah yang dapat didaur ulang. Sampah anorganik adalah sampah yang diciptakan dengan menggunakan mesin dan memerlukan waktu lama untuk penguraiannya. Sampah anorganik yang memiliki berjumlah sangat banyak dapat berakibat buruk bagi lingkungan. Untuk itu, diperlukan langkah untuk mengatasi penumpukan sampah dengan melakukan daur ulang menjadi benda yang lebih bermanfaat.

  • Warna hijau

Warna hijau pada tempat sampah memiliki arti bahwa tempat tersebut digunakan untuk sampah organik atau sampah yang dapat terurai. Sampah organic meliputi sampah yang berasal dari alam seperti sisa makanan, ranting pohon, daun-daunan, dan benda lain sejenisnya. Pemisahan sampah organic akan memudahkan dalam proses pengolahan sampah. Salah satu hasil dari olahan sampah organic yang dapat bermanfaat adalah pupuk kompos.

 

Nah, itulah beberapa makna dari tempat sampah 3 warna. Setelah membaca beberapa warna tempat sampah di atas, jangan salah dalam membuang sampah lagi, ya. Dengan membuang sampah di tempat yang benar, kamu bisa turut serta dalam menjaga lingkungan dan lebih meringankan pekerjaan pendaur ulang sampah.