Ketahui Pengertian, Manajemen, dan Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi instrumen yang berpengaruh dalam meningkatkan dan kemajuan suatu organisasi atau Negara. Peningkatan kualitas di berbagai bidang seperti bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang hukum, bidang ekonomi, dan lain lain. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan cepat, negara membutuhkan tenaga kerja yang mumpuni.

Peran suatu negara adalah melindungi tenaga kerja dalam mengelola sesuatu yang berhubungan dengan SDM. Sehingga, tenaga kerja tersebut maksimal dan sesuai yang diharapkan.

Nah, untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini dan kunjungi mastahbisnis untuk mendapatkan informasi seputar bisnis.

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Umumnya, berdasarkan kontribusi sumber daya manusia memiliki dua arti. Yaitu dalam definisi mikro dan makro.

Secara mikro, sumber daya manusia adalah individu atau seseorang yang sedang melaksanakan tugasnya sebagai pekerja di sebuah perusahaan. Sedangkang secara makro, sumber daya manusia adalah penduduk dengan usia produktif di suatu Negara.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Untuk dapat mengetahui sumber daya manusia menjadi instrumen yang bermanfaat yang besar, dibutuhkan adanya manajemen sumber daya manusia (SDM).

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu program yang dijalankan oleh perusahaan, organisasi, ataupun Negara yang bertujuan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang dapat dikembangkan, dipelihara, dan di dayagunakan.

Salah satu tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan.

Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Adapun komponen dalam manajemen sumber daya manusia antara lain :

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal dan memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan program dengan maksimal pada perusahaan.

  • Pengorganisasian

Pengorganisasian menjadi posisi penting sumber daya manusia. Yaitu masusia memagan peran penting dalam melakukan tindakan dalam pencapaian tujuan.

  • Pengarahan

Contoh pengarahan dalam manajemen sumber daya manusia antara lain memberikan perintah, motivasi, gerak dalam pekerjaan, dan lain lain.

  • Pengendalian

Pengendalian dilakukan dengan cara mengamati, melihat, menilai tindakan tenaga kerja, melakukan evaluasi dan koreksi, dan lain lian.

  • Pengadaan

Pemenuhan kebutuhan organisasi atau perusahaan, baik inventaris barang maupun sumber daya manusia merupakan peran pengadaan. Bagian pengadaan memiliki tanggung jawab untuk merekrut, menyeleksi, dan menempatkan pegawai di bidang tertentu. Selain itu, bagian pengadaan juga bertugas untuk memantau dokumen calon pegawai, wawancara, tes psikologi, dan lain lain.

  • Pengembangan

Pengembangan kompetensi kerja perlu dilakukan karena zaman yang terus berkembang. Pelatihan bisa dilakukan sebelum pegawai mulai bekerja atau pada pegawai yang sudah bekerja supaya lebih terampil.

  • Kompensasi

Kompensasi adalah bentuk penghargaan dari perusahaan dengan memberikan reward kepada karyawan yang dianggap berprestasi dalam bekerja. Reward biasanya berupa sejumlah uang atau bonus tunjangan.

  • Integrasi atau Penyatuan

Perusahaan melakukan penyatuan dengan menuntun perubahan kebiasaan, sikap, maupun cara pandang yang dapat merugikan perusahaan. Dengan perubahan tersebut, diharapkan karyawan bisa menyatu dengan sesama karyawan sehingga menghasilkan kekompakan dan mudah dalam mencapai tujuan.

  • Perawatan atau Pemeliharaan

Perusahaan harus merawat karyawannya, misalnya adalah dengan memberikan fasilitas tempat tinggal atau mes, memberikan fasilitas kendaraan untuk salesman, dan lain lain.

  • Pelepasan atau Pensiun

Pensiun adalah kondisi dimana perusahaan melepas karyawan yang sudah bekerja atau kontribusi terhadap perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Bukan hanya melepaskan saja, namun perusahaan juga memastikan karyawan mendapatkan keamanan dan memberikan dana pensiun.