Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile

Metode agile atau yang disebut sebagai software development life cycle adalah sebuah metode terkini yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Sudah kenal belum dengan metode ini? Apa itu metode agile? Simak uraian berikut ini ya!

 

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Metode Agile

Metode agile banyak digunakan oleh perusahaan besar dan juga startup dalam proses pengembangan software. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu metode agile, kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya.

Pengertian Metode Agile

Definisi agile sendiri ialah sekumpulan metode yang memiliki peran dalam mengembangkan perangkat lunak. Dimana proses pengembangan dilakukan secara berulang sesuai dengan aturan dan solusi yang telah disepakati dalam tim yang terstruktur dan terorganisir.

Agile development mengembangkan perangkat lunak dalam jangka waktu yang pendek. Karena dalam pengembangan perangkat lunak, memang dibutuhkan kecepatan beradaptasi yang dapat mengatasi perubahan yang terjadi sewaktu-waktu.

Nah, metode agile inilah yang paling tepat digunakan karena memuat model pengembangan software yang bernilai penting. Dimana semua tim mengambil keputusan dalam waktu singkat, ditambah dengan kualitas dan prediksi yang tepat serta berpotensi menangani setiap perubahan.

kelebihan dan kekurangan metode agile

Kelebihan Metode Agile

Apa saja kelebihan pengembangan software dengan metode agile? Berikut diantaranya:

  • Metode agile mempunyai kualitas pada perangkat lunak yang memang lebih baik
  • Perangkat lunak dapat diselesaikan dalam waktu singkat
  • Feedback konsumen membuat para pelanggan akan merasa puas dan juga lebih dihargai karena mendapatkan software sesuai keinginan
  • Bersifat fleksibel sehingga bisa diubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi karena mengedepankan kepuasan dan kebutuhan konsumen
  • Lebih terprediksi serta mempunyai fokus yang sudah bertahap sehingga dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi

Kekurangan Metode Agile

Dibalik kelebihan yang dimiliki metode agile, juga terdapat beberapa kekurangan. Salah satunya yaitu metode agile membutuhkan komitmen tim yang tinggi sehingga akan menguras banyak energi dan waktu.

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu metode agile yang meliputi pengertian, kelebihan serta kekurangan metode agile. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Sumber : majapahit.id