Ide Bisnis Minyak Kelapa yang Wajib Kamu Tahu!

Ide bisnis minyak kelapa merupakan salah satu bisnis yang sudah banyak dijalani oleh beberapa orang sampai saat ini. Bagi masyarakat awam, bisnis minyak kelapa menghasilkan keuntungan yang sangat kecil. Namun pada dasarnya, bisnis minyak kelapa juga berpotensi sangat menguntungkan jika dikelola secara optimal.

Jika kamu memperdagangkan minyak  kelapa secara maksimal, jelas peluang untuk mendapatkan keuntungan besar terbuka lebar. Hal ini karena minyak kelapa merupakan bahan yang diperlukan untuk memasak sehari-hari.

Selain itu, minyak kelapa merupakan salah satu bahan pengolah makanan yang terpercaya dan  teruji. Sehingga banyak orang akan membeli minyak goreng. Sebagai penjual, kamu juga menjual bahan makanan berlabel halal dan BPOM.

 

Mengapa Bisnis Minyak Kelapa?

ide bisnis minyak kelapa

Alasannya adalah sebagai berikut. Minyak kelapa adalah produk yang telah diuji dan disaring lebih dari satu kali. Sehingga produk ini cukup baik untuk dijual dan dipasarkan di semua tempat yang ada hingga saat ini. Salah satunya di  Indonesia.

Minyak goreng juga merupakan bahan yang diperlukan untuk memasak sehari-hari. Jadi minyak kelapa yang kamu jual setiap hari pasti ada pembelinya. Tentunya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan darinya setiap hari.

Peluang usaha minyak kelapa ini bisa dimanfaatkan di semua daerah. Alasannya karena minyak  kelapa selalu dibutuhkan, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan tempat yang menjual minyak  kelapa.

Usaha minyak kelapa ini juga bisa melakukan usaha dalam jumlah kecil maupun besar. Kamu tetap akan mendapatkan keuntungan dari penjualan minyak kelapa. Perusahaan minyak kelapa juga termasuk salah satu bisnis yang presentasi kegagalannya kecil. Semua karena minyak kelapa dapat disimpan dalam waktu yang lama, selagi wadah minyak kelapa belum dibuka.

Berikut ini tips untuk memulai bisnis minyak kelapa.

1. Survey Bahan Baku

Bahan baku utama untuk membuat minyak ini adalah kelapa. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan apakah kelapa yang kamu butuhkan selalu menyediakan stok atau tidak.

Dengan persediaan yang selalu tersedia tentu akan memudahkan proses produksi kamu, namun jika sumber kelapa mentah itu bersifat musiman maka perlu beberapa hal untuk menyiapkannya. Untuk memudahkan pengelolaan bahan baku, disarankan untuk bekerja sama dengan produsen kelapa.

2. Belajar Membuat Minyak Kelapa

Membuat minyak kelapa bisa dibilang tidak sulit, dalam cara membuat minyak kelapa yang paling penting adalah mempunyai bahan kelapa yang masih segar dan matang. 

Membuat minyak kelapa ternyata sangat mudah, hanya dengan cara memanaskannya. Kelapa segar yang matang diparut lalu diperas untuk mendapatkan santan. Santan direbus dengan api kecil dan terus diaduk saat dimasak.

Jika larutan santan mengental, minyak akan terpisah dari larutannya. Air akan keluar dan hanya menyisakan minyak. Masak untuk waktu yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Saat dingin, masukkan minyak kelapa ke dalam botol dan minyaknya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

3. Menyiapkan Peralatan Usaha

Agar usaha produksi minyak kelapa bisa berjalan dengan lancar, membutuhkan peralatan yang tepat. Beberapa peralatan itu adalah adalah parutan kelapa, pengekstrak santan, penggorengan, oven, pengaduk, dll.

Kamu juga bisa menggunakan mesin VCO untuk membuat minyak kelapa murni. Mesin pembuat minyak kelapa ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Dengan menggunakan mesin tersebut, pekerjaan membuat minyak goreng ini akan menjadi lebih mudah.

4. Target Pasar Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini adalah kebutuhan sehari-hari untuk memasak, dengan demikian setiap orang akan membutuhkannya. Sudah bisa dipastikan bahwa target pasar dari bisnis minyak kelapa yang sedang berkembang ini adalah ibu rumah tangga dan semua  pengusaha kuliner. Tentu saja, tanpa minyak, mereka tidak akan bisa membuat makanan yang perlu digoreng.