Fungsi Thermistor AC yang Perlu Diketahui

Dalam AC ada sebuah perangkat penting yang ada di hampir seluruh AC, namanya thermistor. Perangkat ini memiliki fungsi. Banyak orang yang mungkin belum menyadari keberadaan thermistor serta belum tahu fungsinya. Sebenarnya, apa fungsi thermistor AC tersebut?

Ketika menggunakan AC, kamu bisa menaikkan atau menurunkan suhu sesukamu. Tapi itu jika kamu mensettingnya secara langsung. Tetapi, ada  fitur otomatis yang menjadikan AC tersebut jadi menurunkan atau menaikkan suhunya sendiri.

Fitur tersebut karena sebuah alat, namanya thermistor ac. Jika kamu belum mengetahui apa itu thermistor dan apa fungsi thermistor AC, berikut ini akan dijelaskan secara rinci. Jadi, simak terus penjelasan berikut ini!

Fungsi Thermistor pada AC

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa ini merupakan alat yang membuat AC itu secara otomatis menurunkan atau menaikkan suhunya sendiri. Secara bahasa, thermistor ini terdiri dari dua kata, yaitu thermo dan juga resistor. Kalau digabung, jadinya pengukur tahanan suhu.

Secara sederhana juga bisa dibilang bahwa thermistor adalah pengatur suhu. Nah kalau fungsinya, ya apalagi kalau bukan untuk menaikkan dan juga menurunkan suhu secara otomatis.

Bagaimana ini bisa terjadi? Begini, kalau ruangan yang kamu tempati sudah tepat berada pada suhu yang kamu tentukan, biasanya thermistor ini langsung mengirim sinyal ke PCB Modul. Tujuannya untuk memutuskan arus listrik yang tujuannya pada unit outdoor.

Dengan ini, kompresor bisa rehat atau ngaso sejenak. Katakanlah beberapa menit saja. Lalu, thermistor bakal mengirimkan sinyal lagi untuk menghidupkan kompresor yang sedang istirahat kalau misalkan suhu di ruangan tersebut sudah naik lagi.

Ini tentu sangat bermanfaat, bagi yang menggunakan maupun bagi mesin yang ada di dalam AC sendiri. Yang menggunakannya jadi memiliki ruangan yang nyaman, kompresor atau mesin dalam AC-nya nggak bakal overheated atau kepanasan.

Kalau belum mengerti, coba deh kamu berdiri di bawah AC. Berdiri di sana selama beberapa menit sampai suhu di ruangan kamu berubah dingin banget. Setelah itu, deketin AC yang kamu miliki. Kalau sudah sampai pada suhu yang ditentukan, kompresornya itu berhenti bergerak.

Tandanya nggak ada angin dan hanya bagian kipas luarnya saja yang bergerak ke atas bawah. Lama kelamaan, ruanganmu jadi naik lagi suhunya. Saat kamu merasa suhunya naik, deketin lagi AC-nya. Pasti kompresor disana hidup dan bekerja lagi. Biasanya sih anginnya bakal kerasa. Gitu.

Nah, inilah sebenarnya fungsi thermistor dalam AC. Untuk menjaga suhu ruangan jika turun ataupun naik secara otomatis.

 

Fungsi Thermistor pada AC Split

Fungsi thermistor pada AC split tentu sangat penting. Memang ada beragam jenis AC seperti AC Windows, AC Sentral, AC Tower, dan juga AC Kaset. Namun, AC split adalah jenis AC yang saat ini menjadi pilihan banyak orang. Selain karena praktis, teknologi yang ada di dalamnya juga sangat canggih.

Jenis AC biasanya dibutuhkan di rumah-rumah maupun kantor. Kelebihannya ada pada desainnya yang sederhana. AC ini hanya terdiri dari dua bagian, pendingin yang ada dalam ruangan dan pembuang panas yang ada di luar ruangan.

Untuk pemasangannya juga merupakan kelebihan yang dimiliki. Pasalnya, kamu tidak perlu menjebol tembok untuk bisa menggunakan AC split ini. Nah, terkait fungsi thermistor AC yang ada di AC split, kegunaannya sama saja.

Fungsi thermistor AC yang ada pada beragam jenis AC memiliki tugas dan kegunaan yang sama. Yakni untuk mengatur suhu ruangan secara otomatis. Misalnya, saat kamu sudah mengatur suhu yang kamu inginkan adalah 16 derajat celcius, itu kamu tunggu dulu sebentar.

AC akan secara otomatis mengatur suhu ruangan kamu dan ketika sudah sampai 16 derajat celcius, AC tersebut akan mati dengan sendirinya. Tapi bukan rusak loh, ya. Itu merupakan bagian dari fungsi thermistor AC. Agar kompresor AC kamu nggak bekerja terlalu keras.

 

Fungsi Thermistor pada AC Mobil

Fungsi thermistor AC yang ada pada mobil begini. Dalam sebagian besar mobil yang ada, di dalamnya ada evaporator. Letaknya biasanya di dashboard depan. Terminal resistor juga ada di posisi tersebut. Kalau nggak ada thermistor, maka potensi evaporator beku dan AC yang beku akan sangat besar.

Fungsi thermistor AC dalam mobil diantaranya, untuk membuat temperatur yang ada di AC mobil bisa berjalan dengan sempurna, fitur on-off yang ada pada AC mobil akan berfungsi dengan baik dan bisa kamu handle dengan mudah.

Selain itu, thermistor akan mendukung kinerja evaporator yang bertujuan agar AC mobil bisa berfungsi dengan baik dan agar kinerja dari AC tersebut bisa berjalan dengan optimal.