Contoh Jurnal Penelitian Deskriptif Terbaru

Penelitian deskriptif menggambarkan karakteristik dari fenomena yang akan Anda teliti. Jadi, jurnal penelitian deskriptif berisi penggambaran subjek penelitian secara umum dari pertanyaan penelitian dan analisis data pada topik tersebut. Berikut ulasan selengkapnya tentang penelitian ini.

 

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penelitian Deskriptif

Saat Anda akan membuat jurnal penelitian deskriptif, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1.   Tentukan Karakteristik Responden

Tujuan penggunaan pertanyaan tertutup adalah untuk menarik kesimpulan konkret tentang responden. Ini bisa menjadi kebutuhan untuk mendapatkan pola, sifat, dan perilaku responden.

2.   Mengukur Tren Data

Peneliti mengukur tren data dari waktu ke waktu dengan kemampuan statistik desain penelitian deskriptif.

3.   Melakukan Perbandingan

Organisasi juga menggunakan desain penelitian deskriptif untuk memahami bagaimana kelompok yang berbeda merespons produk atau layanan tertentu.

4.   Validasi Kondisi yang Ada

Peneliti banyak menggunakan penelitian deskriptif untuk membantu memastikan kondisi objek penelitian yang berlaku dan pola yang mendasarinya.

5.   Melakukan Penelitian Pada Waktu yang Berbeda

Anda dapat melakukan analisis pada periode yang berbeda untuk memastikan adanya persamaan atau perbedaan. Hal ini juga memungkinkan peneliti mengevaluasi sejumlah variabel dan verifikasi untuk menarik tren.

 

Contoh Jurnal Penelitian Deskriptif Pendidikan

Jurnal penelitian deskriptif pendidikan muncul dari adanya pernyataan “Distrik sekolah ingin memahami apakah siswa akan mengakses pelajaran online daripada buku teks”.

Untuk melakukan penelitian dengan topik tersebut, maka Anda harus menentukkan responden. Lalu mengukur tren data dan melakukan perbandingan setiap responden.

Lakukan validasi yang ada, jangan lupa untuk melakukan penelitian di waktu yang berbeda sehingga hasilnya akan lebih akurat.

 

Contoh Jurnal Penelitian Deskriptif Ekonomi

Jurnal penelitian deskriptif ekonomi juga dapat Anda jabarkan dari munculnya pernyataan “Tren pakaian favorit pelanggan saat musim panas”.

Maka Anda harus melakukan penelitian demografi terlebih dahulu kepada kelompok responden. Sebagai saran, bagi kelompok respondennya dari usia 24-35 dan 36-45 tahun. Dengan demikian, maka Anda dapat mengetahui model pakaian seperti apa yang menjadi kesukaan semua umur.

Contoh Jurnal Penelitian Deskriptif Kesehatan

Penelitian deskriptif kesehatan dapat muncul dari adanya pernyataan “Penderita hipertensi tidak boleh mengkonsumsi sate kambing”. Tentu saja hasil penelitiannya akan berupa kalimat deskripsi.

Anda harus mengumpulkan responden dari para penderita hipertensi. Lalu ajukan pertanyaan apakah benar setelah mengkonsumsi sate kambing, tensinya akan langsung naik tinggi. Dengan begitu, Anda akan menemukan hasil penelitiannya dari jawaban para responden.

 

Intinya, jurnal penelitian deskriptif tidak hanya membutuhkan angka-angka, tapi juga hasil data uraian yang jelas. Sehingga memudahkan pembaca saat memahami isi penelitian tersebut