Cara Mudah Menjadi Developer Perumahan

Mendirikan perusahaan developer perumahan bisa dibilang cukup rumit. Karena anda harus mengurus segala perizinannya ke instansi-instansi terkait. Sehingga anda perlu tahu bagaimana cara menjadi developer perumahan beserta perizinannya.

Cara Menjadi Developer Perumahan Beserta Perizinannya

Menjadi developer kini sudah bisa anda wujudkan mulai sekarang. Salah satu developer perumahan dari cikarang griya pratama, membagikan poin-poin penting untuk menjadi developer perumahan.

Beberapa cara menjadi developer perumahan beserta perizinannya dibawah ini, terdapat poin-poin perizinan yang wajib anda urus.

Cara menjadi developer perumahan

Izin Lingkungan

Perizinan yang dapat anda lakukan pertama kali adalah izin lingkungan dengan masyarakat setempat.

Izin ini diperlukan sebagai salah satu bentuk salam pertama kali dari developer saat mulai menduduki lahan tersebut.

Izin RUTR

Izin RUTR atau Rencana Umum Tata Ruang merupakan izin yang bisa anda dapatkan dari pemerintah kabupaten/kota, propinsi hingga nasional.

Izin Pemanfaatan Lahan (IPL)

Izin pemanfaatan lahan atau sering disebut sebagai izin pengeringan lahan menjadi salah stau izin yang dibutuhkan dalam pendirian properti perumahan.

Izin Prinsip

Salah satu izin dari cara menjadi developer perumahan beserta perizinannya yakni izin prinsip. Izin ini dapat anda dapatkan pada BKPM dimana izin prinsip terbagi menjadi beberapa jenis.

Mulai dari izin prinsip, izin prinsip perluasan, perubahan, dan penggabungan. Masing-masing jenis izin prinsip tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda tentunya.

Izin Amdal

Lingkungan yang akan anda tempati untuk pembangunan properti tentunya harus melalui proses analisis lingkungan. Dalam hal ini, peran dari izin amdal pun sangatlah penting.

Amdal atau izin BLH sangat penting untuk mengukur dampak yang akan timbul di lingkungan sekitar pengembangan proyek anda.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Hampir setiap bangunan yang berdiri diatas lahan diperlukan pengurusan IMB. Kepengurusan Izin Mendirikan Bangunan ini pun harus didahului oleh izin amdal.

Dimana proses pengajuan izin amdal bisa memakan waktu hingga 3 bulan lamanya. Jadi anda pun harus rela menunggu waktu agar anda bisa mendapatkan IMB.

Penutup

Demikian beberapa poin penting dari cara menjadi developer perumahan beserta perizinannya. Jika seluruh izin dapat anda penuhi, maka untuk proses pengajuannya bisa berjalan dengan lancar.