Cara Menggunakan Cat Glow In The Dark yang Tepat

Tertarik dengan dinding ruangan yang dihiasi warna berkilauan? Mengaplikasikan cat glow in the dark pada dinding ruangan bisa dijadikan solusi. Namun, dalam penerapannya tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, perlu cara menggunakan cat glow in the dark yang tepat. 

Mengapa demikian? Sebab, cat glow in the dark ini memiliki karakter yang cukup unik. Jadi, terkadang jika diaplikasikan dengan teknik yang kurang tepat, tidak akan diperoleh hasil akhir yang optimal. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan cat jenis tersebut?

cat glow in the dark

Meskipun terlihat seperti cat dinding pada umumnya, tetapi penggunaan cat glow in the dark terdapat cara khusus yang cukup berbeda. Ini disebabkan karena adanya kandungan bubuk fosfor di dalam cat yang berfungsi untuk memendarkan cahaya. Hal tersebutlah yang menjadikan perlakuan khusus ketika menggunakan cat jenis ini.

Memilih Cat Glow In The Dark

Memilih cat harus dilakukan dengan cermat. Sebagai informasi, ada dua jenis cat glow in the dark yang biasa tersedia di pasaran, yaitu cat glow in the dark water based dan cat solved based. 

Perbedaan di antara keduanya ada pada jenis media pengaplikasiannya. Cat glow in the dark water based digunakan pada media yang memiliki pori-pori dan menyerap air, misalnya seperti kain, kanvas, dinding, kayu, dan kertas. Sedangkan, cat glow in the dark solved based digunakan untuk media yang tidak menyerap air seperti besi dan aluminium.

Jadi, jika Anda menginginkan dinding ruangan terlihat mengkilap, pilihlah jenis cat glow in the dark water based. Tentu saja juga harus mempertimbangkan kualitas dari cat tersebut. Supaya nanti didapatkan hasil yang maksimal.

Mengaplikasikan Cat Dasar Warna Cerah

Perlu Anda ketahui bahwa semakin terang warna dasar yang digunakan, maka akan semakin baik kemampuan cat glow in the dark dalam memendarkan cahaya. Maka dari itu, pilih warna cat dasar yang cenderung memiliki warna cerah. Sementara, cat glow in the dark digunakan sebagai top coating.

Mengaplikasikan Cat Glow In The Dark Selapis Demi Selapis

Pada tahap pengaplikasian cat glow in the dark ini perlu dilakukan dengan berhati-hati. Cat glow in the dark diaplikasikan selapis demi selapis. Mengambil sedikit cat dengan kuas, kemudian digoreskan dengan tipis. Setelah itu, baru dikuaskan layer tipis lagi di atasnya.

Memeriksa Tingkat Kerataan Cat yang Sudah Diaplikasikan

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah cat yang diaplikasikan sudah merata. Untuk mempermudah dalam melakukannya sebaiknya menggunakan bantuan lampu atau senter blacklight. Pasalnya cat glow in the dark ini cenderung bersifat clear, sehingga menyebabkan sulit dilihat.

Diamkan Selama 10-15 Menit

Supaya mendapatkan hasil yang optimal, lebih baik berikan jeda selama kira-kira 10-15 menit. Diamkan dan ditunggu sampai cat yang telah diaplikasikan benar-benar kering. Jika perlu gunakan kipas angin agar pengeringan menjadi lebih cepat.

Mengaplikasikan Kembali Cat Glow In The Dark

Setelah dipastikan cat benar-benar kering, lakukan pengaplikasian cat glow in the dark kembali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terang dapat ditambahkan lagi 2-3 kali polesan. Karena, pengulangan di atas 3 kali biasanya tidak terlalu berpengaruh pada hasil.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan cat glow in the dark, diharapkan Anda bisa menyulap dinding kamar menjadi tampil menyala.  Pastikan untuk mengikuti prosedur pengaplikasian cat ini. Dengan demikian, hasil yang diperoleh akan memuaskan.