Cara Membuat Kopi Cold Brew

Sebenarnya konsep dasar dari cold brewing adalah dicampurkan dengan air es dengan bubuk kopi yang telah digiling secara menyeluruh, kemudian ditenangkan selama 12 jam lalu dapat disaring. Konsentrat kopi yang dihasilkan dapat disajikan panas atau dingin. Untuk rasa yang maksimal, simpan konsentrat kopi di wadah yang tertutup lemari es lalu minum setelah dua minggu. Penasaran membuatnya di rumah? Mari kita lihat prosesnya!

Dalam metode ini, kopi cold brew yang dibuat dengan teko kopi Hario Mizudashi berisi 1.150 ml. Selain prosesnya (sangat) sederhana, cara dengan alat ini mudah digunakan oleh mereka yang masih bisa belajar menyeduh kopi, untuk takaran ini kita bisa menyajikannya untuk 5 gelas.

 

Berikut langkah-langkah membuat kopi seduh dingin.

  1. Parut biji kopi dengan tingkat kasar sedang (cukup kasar, tidak perlu terlalu halus) hingga 80 gr.
  2. Tuang kopi bubuk yang sudah digiling ke dalam sabun (sabun) Mizudashi. Pasang saringan ke pot/botol kaca
  3. Tuang air dingin atau air suhu ruangan sebanyak 500 gram. Perbandingan yang biasa digunakan adalah 1:7 (1 gram kopi dengan 7 gram air), tetapi perbandingannya bisa diubah-ubah sesuai selera. Rasio ini akan mempengaruhi kepadatan kopi. Semakin banyak air daripada kopi, semakin encer roti itu.
  4. Aduk perlahan agar kopi dan air tercampur rata. Yang terbaik adalah menggunakan benda yang tidak tajam untuk bergerak agar tidak merusak filter.
  5. Tutup Panci Mizudashi. Kemudian masukkan ke dalam lemari es. Waktu yang ideal untuk minum kopi dingin biasanya 8 jam – 12 jam, tetapi durasi pendinginan ini tergantung pada selera masing-masing.
  6. Setelah sekitar 8 jam, keluarkan teko kopi Hario Mizudashi dari lemari es. Lepaskan saringan, jika Anda ingin menyimpan saringan di dalam panci setelah ekstraksi, rasanya akan terlalu kuat dan terlalu pahit.
  7. kopi dingin bisa dinikmati.

cara membuat kopi cold brew

7 Fakta Minuman Dingin

Cold brew atau bahkan kopi cold brew merupakan salah satu metode brewing kopi unik yang menawarkan pengalaman kopi yang tak kalah menyenangkan. Cold brewing dilakukan dengan metode “perendaman” minimal selama 8 jam. Untuk menyeduh yang biasa digunakan cukup air dengan suhu ruangan atau air dingin.

Diminum tanpa air panas

Namanya juga cold brew, tentu bukan soal air panas. Untuk membuat minuman dingin, Anda perlu menggunakan air pada suhu kamar. Suhu kamar Air dan kopi akan diekstraksi selama lebih dari 8 jam tergantung pada jenis kopi, pilihan cold brewer dan selera masing-masing.

Direndam Lama

Cold Brew Coffee merupakan sebuah metode perendaman yang paling lama. Kopi dan air biasanya direndam bersama selama 8 sampai 12 jam. Wadah dengan minuman dingin biasanya ditempatkan di lemari es. Proses ini akan menghasilkan rasa yang unik, manis dan keasaman yang rendah.

Rasanya lebih manis

Meski tanpa gula atau pemanis lainnya, Cold Brew Coffee terasa lebih manis dan lembut. Hal ini dikarenakan proses perendaman yang lama pada air yang juga digunakan. Tapi setiap kopi akan menghasilkan rasa yang berbeda, ya. Umumnya kopi yang diolah secara alami menjadi madu akan sangat 'kaya' rasanya saat diseduh.

 

Oke itu saja yang bisa saya bagi kepada kalian, nah untuk kalian yang suka dengan cold brew dan ingin membuatnya bisa mencoba memakai mesin kopi untuk membantu kalian, lalu pastikan kalian membeli mesin dari produsen mesin terbaik.