Berikut Ini Cara Membuat Amplang Udang yang Renyah dengan Udang Pilihan

Cara membuat amplang udang yang renyah sering kali dicari oleh para pebisnis kerupuk, pasalnya mereka menginginkan hasil terbaik untuk kerupuknya. Dengan memperhatikan kerenyahan, berarti pebisnis kerupuk tersebut juga sudah memperhatikan kualitas dari kerupuk amplang udang yang diproduksinya.

Amplang udang ini sebenarnya adalah inovasi dari jenis amplang, karena sebenarnya amplang pun sudah merupakan kerupuk. Namun dengan adanya campuran udang, amplang tersebut jadi memiliki tambahan rasa udang didalamnya. Dalam pengolahannya tentu harus teliti dan berhati hati, karena bahan yang digunakan harus sesuai dengan takaran sehingga amplang udang yang dihasilkan memiliki rasa yang berkelas.

Maka dari itu, disini sama sama kita bahas seputar cara membuat amplang udang yang renyah. Silahkan disimak sampai habis ya!!!

 

Amplang Udang

 

Sebenarnya amplang merupakan jenis kerupuk yang berbahan dasar daging ikan, namun seiring dengan lajunya dunia perikanan jadi amplang memiliki inovasi baru yaitu amplang udang yang mana bahan dasar ikannya diubah menjadi udang. Walaupun begitu rasa dari amplang udang ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Dalam pembuatannya, secara umum memang sama dengan pembuatan amplang ikan biasanya. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan dari cara membuatnya. Kamu dapat menggunakan mesin gilingan daging untuk mempermudah menghaluskan udang saat pembuatannya.

 

Tips Memilih Udang

tips memilih udang

Sebelum kamu mengolahnya, kamu harus dapat memilih udang yang segar dan baik. Karena kesegaran udang juga dapat menjadi faktor kualitas dari masakan atau kerupuk yang akan dibuat, jadi kamu harus benar benar memperhatikan pemilihannya. Berikut ini akan ditampilkan beberapa tips yang dapat kamu pakai juga untuk memilih udang.

1.Tekstur Kulit dan Daging

Hal utama yang harus diperhatikan adalah tekstur dari kulit dan daging udang. Dengan cara pemilihan yang mudah, kamu tinggal mengecek kulit dan daging udang. Jika kulit udang tersebut keras serta memiliki daging yang kenyal maka udang digolongkan kedalam udang yang segar. Dengan begitu kamu dapat langsung memilih udang yang memiliki kulit keras dan daging yang kenyal untuk diolah.

2.Kepala Udang

Pada umumnya, udang yang segar memiliki kepala yang utuh atau tidak terpisah dari badan. Usahakan kamu memilih udang yang masih utuh dengan kata lain kepala udang yang dipilih tidak mudah lepas.

3.Warna

Tips ini merupakan tips yang paling gampang untuk diikuti, karena kamu tinggal melihat warnanya saja. Pada hal ini kamu harus memilih udang dengan warna yang masih bening, karena dengan warna yang bening cerah dan tidak kusam itu sudah menandakan bahwa udang masih segar. Hindari memilih udang yang berwarna merah.

4.Bau

Tips berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk memilih udang adalah dengan mencium baunya. Umumnya udang yang segar tidak memiliki bau menyengat, jadi usahakan kamu memilih udang tersebut dari pada udang yang memiliki bau menyengat.

 

Itu tadi merupakan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih udang segar. Karena kesegaran udang yang kamu pakai akan dapat menentukan kualitas dari olahan yang kamu buat.

 

Cara Membuat Amplang Udang yang Gurih

 

Gurih tidaknya olahan yang dihasilkan itu tergantung dengan bagaimana dan siapa yang mengolahnya. Berikut ini akan ditampilkan cara membuat amplang udang.

Bahan Bahan :

  • 250 gr udang yang sudah di giling
  • 500 gr tapioka
  • 30 gr gula halus
  • 1 sachet kaldu sapi
  • 2 sendok makan kaldu jamur
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh soda kue yang dilarutkan dengan air 100ml
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 putih telur
  • 1 kuning telur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama yaitu kocok putih telur sampai membentuk adonan yang kaku.
  2. Blender gilingan udang dengan kuning telur, jika sudah masukan blenderan kedalam adonan putih telur tadi lalu aduk sampai rata.
  3. Jika sudah dianggap rata, kamu dapat menambahkan larutan soda kue, lada, kaldu sapi, kaldu jamur, baking powder kemudian aduk rata seluruhnya.
  4. Setelah rata, kamu dapat memasukkan tapioka sedikit demi sedikit lalu aduk.
  5. Kemudian setelah semua bahan sudah rata, kamu dapat membentuk adonan sesuai dengan selera. Jika sekiranya sudah dibentuk sampai adonan habis, kamu dapat langsung menggorengnya dalam keadaan minyak goreng dingin, lalu baru kamu nyalakan apinya setelah semua adonan sudah masuk.
  6. Goreng sampai matang atau setidaknya sampai adonan tidak berbunyi. Setelah itu kamu dapat mengangkatnya dan tiriskan. Dalam hal ini kamu juga bisa menggunakan mesin pembuat kerupuk untuk mempermudah.
  7. Amplang udang pun siap disajikan.

 

Penutup

Pembahasan seputar cara membuat amplang udang yang renyah sudah habis, jadi sekiranya itu yang dapat kami bagikan. Semoga kamu dapat membuat amplang udang yang renyah dengan versimu. Semoga kamu juga dapat terbantu dengan adanya artikel ini, baik dalam tips yang diberikan ataupun dalam cara yang ada. Semoga bermanfaat