Apa Itu Karang Gigi? Apakah Berbahaya?

Karang gigi adalah masalah gigi umum yang sering tidak diperhatikan. Hal ini disebabkan karena karang gigi umumnya tidak menyebabkan rasa sakit pada gigi. Akan tetapi tahukah Anda ada efek yang tersembunyi dari masalah gigi yang sering kali tidak terdeteksi ini? Apa saja? 

Apa yang dimaksud dengan karang gigi?

Karang gigi adalah sebuah kondisi di mana bagian bawah gigi terjadi penumpukan plak yang disebabkan karena bakteri yang menumpuk dan bercampur dengan protein. Plak ini awalnya memiliki bentuk yang lengket dan menutup bagian antar gigi dan gusi. Plak inilah yang pada dasarnya menyebabkan bahaya. 

Plak yang dibiarkan di gigi bisa menyebabkan masalah pada gigi dan gusi seperti masalah gigi berlubang, karies gigi dan juga masalah pada gusi. Oleh karena itu, membersihkan gigi dengan baik akan menjadi solusi utama untuk mencegah masalah gigi dan gusi. Nah, jika kondisi plak ini dibiarkan, maka plak akan berubah menjadi sesuatu yang keras yang kita sebut dengan karang gigi. 

  • pengaruh karang gigi pada kesehatan gigi dan gusi

menghilangkan karang gigi

Seperti disebutkan sebelumnya, karang gigi merupakan salah satu masalah yang umum terjadi tetapi tidak banyak diambil pusing. Hal ini disebabkan karena banyak orang berpikir bahwa karang gigi bukan merupakan sebuah hal yang membahayakan. Padahal meski begitu, karang gigi bisa juga menyebabkan masalah seperti gigi berlubang dan karies gigi. 

Karang gigi yang terbentuk di gigi bisa menyebabkan masalah gigi dan gusi yang serius. Hal ini disebabkan karena faktor pembentuk utama dari karang gigi adalah bakteri. Hal inilah yang membuat karang gigi bisa sangat membahayakan bagi kesehatan gusi. 

Karang gigi yang berdiam di antara gigi dan gusi bisa menyebabkan masalah gusi berupa kerusakan pada gusi. Jika dibiarkan lebih lama hal ini bisa menyebabkan masalah yang lebih besar yaitu gum disease. Jenis dari gum disease yang bisa terjadi karena karang gigi ini ada 2 jenis yaitu gum disease pada level ringan yang disebut dengan gingivitis dan level berat yang disebut dengan peridontitis. 

  • Cara mengatasi karang gigi 

Untuk mengatasi karang gigi, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan karang gigi di praktisi kesehatan gigi dan mulut. Untuk membersihkan karang gigi ini biasanya akan dibutuhkan alat-alat yang khusus. Untuk membersihkan karang gigi ini akan lebih baik dilakukan sebanyak 6 bulan sekali dalam kunjungan rutin Anda ke dokter gigi. Anda bisa mengunjungi klinik Tooth Signature Kelapa Gading jika anda belum mempunyai dokter gigi langganan

  • Cara mencegah terjadinya karang gigi 

Karang gigi memang akan muncul meski Anda sudah melakukan perawatan gigi secara rutin. Bahkan setelah Anda melakukan perawatan dengan baik, pembentukan plak masih sangat mungkin terjadi. Dalam kondisi ini, melakukan pencegahan memang tidak bisa dilakukan secara maksimal tetapi bisa dilakukan kontrol terhadap karang gigi agar tidak menyebabkan masalah pada gigi dan gusi. 

Untuk melakukan kontrol terhadap karang gigi ini, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain adalah :

  • Menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari. Selain itu, pastikan Anda menyikat gigi setidaknya selama 2 menit untuk memastikan plak tidak tinggal di gigi Anda. 
  • Menggunakan sikat gigi elektrik yang memiliki kemampuan lebih baik dalam membersihkan plak pada gigi 
  • Memilih pasta gigi dengan flouride 
  • Menggunakan dental floss 
  • Gunakan mouthwash setidaknya 1 kali setiap hari. Usahakan untuk menggunakan mouthwash yang diperkaya dengan antiseptik untuk membunuh bakteri.