7 Kelebihan Fiberglass Septic Tank yang Wajib Diketahui

Memilih septic tank tidak boleh sembarangan agar tidak cepat rusak. Salah satu septic tank yang bisa menjadi pilihan dan memiliki banyak keunggulan adalah fiberglass septic tank. Menariknya, septic tank ini dapat mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan dan tidak mudah bocor.

Limbah septic tank harus dikelola dengan baik agar tidak berbau dan mencemari lingkungan. Septic tank ini memang dikenal dapat mengurai bakteri dengan baik. Bahkan, septic tank jenis ini mampu mengolah limbah domestik dengan baik. Tidak heran, septic tank diklaim ramah lingkungan. Berikut ini kelebihan septic tank berbahan fiberglass.

 

1. Material Kuat Tapi Ringan

Septic tank berbahan fiberglass dibekali dengan material yang kuat tapi ringan yang diperkuat dengan serat (FRP). Bahannya yang kuat membuat septic tank ini dapat dipakai tahan lama, tidak mudah rusak dan penyok. Bahkan, saat septic tank ini di tanah di tanah, tidak akan membuatnya pecah.

Selain itu, pemasangan septic tank ini tidak membutuhkan waktu lama karena sifatnya yang ringan, sehingga saat dipindahkan hampir  tidak ada kesulitan berarti. Tentu, proses pemasangannya sangat sederhana. Menarik, bukan?

septic tank

2. Cenderung Lebih Awet

Soal ketahanan, septic tank ini memiliki ketahanan yang kuat dari pada jenis septic tank lain. Tidak heran, tangki fiberglass lebih diunggulkan karena dikenal awet dan tahan lama, sehingga dapat dipakai dalam waktu lama. Nah, septic tank yang awet dan tahan lama juga dimiliki oleh septic tank Biotech yang informasi lengkapnya ada di https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.

3. Tahan pada Perubahan Suhu

Kelebihan fiberglass septic tank yang lain adalah memiliki ketahanan terhadap perubahan suhu baik di dalam maupun luar tangki. Septic tank ini akan mengelola limbah dengan temperatur yang tinggi, sehingga jika bahannya tidak kuat, maka dikhawatirkan tangka bisa pecah. Bahan fiberglass dilengkapi bahan serat kaca yang membuatnya aman dipakai tanpa takut pecah.

4. Anti Karat

Bahan fiberglass juga memiliki daya tahan anti karat. Berbagai limbah yang masuk ke dalam septic tank dapat membuat tangki mudah berkarat. Namun, bahan fiberglass memiliki kelebihan dapat mencegah korosi dan karat, sehingga tangki ini awet dipakai dalam waktu yang lama.

5. Harga Terjangkau

Dengan berbagai kelebihannya, septic tank fiberglass dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Septic tank ini dapat dibeli dengan harga berkisar Rp 1 juta saja. Tidak heran, banyak rumah dan gedung yang menggunakan septic tank ini karena dikenal berkualitas dan dapat menghemat pengeluaran. Harga jauh lebih murah dibandingkan dengan septic tank lain.

6. Ramah Lingkungan

Septic tank fiberglass terbilang ramah lingkungan karena limbah tidak akan keluar dan tidak meresap ke dalam tanah. Kalaupun meresap, nantinya akan dibuang ke parit atau selokan pembuangan. Bahan fiberglass ini juga  dilengkapi dengan media cell ganda yang mampu menguraikan dan mengelola limbah dengan baik,

7. Tidak Mudah Bocor

Tidak perlu khawatir, daya tampung septic tank berlebihan karena bahan fiberglass memiliki bahan yang tebal, kuat, dan tahan lama, sehingga septic tank ini memiliki kelebihan anti bocor. Bahkan, saat serat ini ditampung di dalam tanah dalam jangka panjang tetap tidak akan membuatnya bocor.

Tentunya, septic tank ini hadir dengan daya tampung yang pas dan mampu menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Karena septic tank ini tidak cepat penuh, tidak gampang rusak dan menggunakan bahan berkualitas, maka septic tank fiberglass tidak membutuhkan perawatan khusus.

 

Itulah 7 kelebihan fiberglass septic tank yang memiliki bahan yang kuat, ramah lingkungan, dan tidak mudah rusak. Jika ingin membeli dan memperoleh informasi lengkap seputar jenis septic tank ini dapat melalui website di atas, ya!. Semoga membantu!